Rabu, 17 Oktober 2012

Kendaraan


Sampai pagi ini hujan belum juga reda
Sinar mentari belum mampu menembus awan
Tenda yang basah segera ku lipat
Sebelum ada warga sekitar yang melihat

Sepedaku diambil diam-diam
Oleh orang yang tidak dikenal
Apa ini pertanda aku harus beramal
Hatiku sedikit dendam
Sekarang tak ada lagi kendaraan pribadi
Mau tak mau harus berjalan kaki
Dan kadang-kadang menumpang
Agar tidak sakit pinggang

Iseng-iseng aku duduk di stasiun
Sambil memainkan gitar
Siapa tahu ada bus yang datang
Dengan tujuan tanpa tujuan

Pintu bus terbuka otomatis
Lalu ku naiki beberapa tangga
Agar bisa duduk gratis
Aku datang tanpa menyapa

Dua petugas pengontrol tiket berdatangan
Meminta pertanggung jawaban
Rasanya tak ingin kuhiraukan
Bagaimanapun harus ada alasan

Aku adalah seorang tuna wisma
Mahluk hidup yang ingin bebas
Bebas dari aturan manusia
Aturan manusia yang menindas

Fasilitas ini dibangun dari pajak publik
Dan untuk memenuhi kebutuhan publik
Disaat publik ingin menikmati 
Kenapa harus membayar lagi

Suaraku tak mampu membungkam mereka
Lebih baik mengalah, tapi bukan berarti kalah
Setidaknya aku mampu melawan
Dari pada diam ditindas


Sengkuni, Meaux 16/10/2012


Tidak ada komentar:

Posting Komentar